Kamis, 09 Juni 2011

Google sebagai proxy gratis

Bingung baca judulnya? google yang notabene adalah mesin pencari bisa dijadikan sebagai proxy untuk menjelajah dunia web? yup.. itu benar, dan terbukti bisa kok.
Google mempunyai sebuah fasilitas penterjemah bahasa content web. Maksudnya adalah bahasa yang terdapat dalam web yang kita buka dangan fasilitas ini, bisa diterjemahkan oleh bahasa yang telah tersedia di database Google. Tanpa disadari, dengan sedikit trik, fasilitas ini bisa menjadi proxy sederhana untuk menjelajah web. Dimana terkadang ada kalanya akses untuk singgah ke beberapa website terbatas, seperti saat kita di kantor dan ada beberapa website yang di blok oleh para IT kantor.
Saya berikan sedikit trik kecilnya, yang mungkin udah banyak orang tau. Saya anggap pembaca udah mengerti dan tahu apa itu proxy.

Fasilitas itu adalah sebuah url dengan struktur seperti ini :
http://www.google.com/translate?langpair=en|fr&u=www.contoh.com
Struktur tersebut berarti merubah content web tujuan “www.contoh.com” yang berbahasa Inggris (EN) menjadi bahasa Prancis (FR). Hal itu bisa dilihat dari struktur “en|fr” yang bermaksud seperti “dari|ke”. karakter “en adalah simbol dari bahasa Inggris dan karakter “fr” adalah simbol bahasa Perancis.
Bagaimana jadinya bila web itu ditranslate dari bahasa Inggris ke bahasa Inggris? Nah.. keadaan itulah menjadikan fasilitas ini berposisi sebagai proxy gratis. Struktur urlnya akan jadi seperti ini :
http://www.google.com/translate?langpair=en|en&u=www.contoh.com
Jadi semisal anda ingin membuka Friendster yang diblokir di kantor anda, maka url itu akan menjadi seperti ini :
http://www.google.com/translate?langpair=en|en&u=www.friendster.com
Selamat mencoba…
Note :
berkat salah satu komen di artikel ini, dan setelah saya cek, ternyata cara ini sudah tidak bisa lagi. :(

Created:Pangeran-Cheater

1 Komentar:

Pada 11 Juni 2011 pukul 01.20 , Blogger Aqli Syahbana mengatakan...

Langpair sekarang sudah diganti menjadi sl & tl, tetapi ingat, nilai sl (source language) tidak boleh sama dengan tl (target language). Lalu agar tetap orisinil (bahasa tidak diterjemahkan), maka tambahkan &anno=2 pada akhir URL. Selamat mencoba!

Di bawah ini contohnya:

http://www.google.com/translate?sl=en&tl=id&u=pangeran-cheater.blogspot.com&anno=2

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda